Halaman

Sabtu, 04 Desember 2010

Mari Kenali Payudara Kita

Payudara merupakan salah satu organ kewanitaan yang penting bagi perempuan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui:

Rambut di sekitar areola (daerah kecoklatan di sekitar puting) 
Beberapa perempuan memiliki rambut di areola nya. ini adalah suatu hal yang wajar. namun jika merasa terganggu, maka mintalah bantuan kepada spesialis kulit untuk mebgatasinya. Mencukur maupun mencabut sendiri bulu-bulu tersebut dapat menyebabkan infeksi pada aerola anda.

Warna puting susu dan aerola menjadi lebih gelap
Perubahan warna biasanya terjadi pada perempuan yang sedang hamil dan efek penggunaan pil kontrasepsi. namun perubahan warna ini juga menandakan kematangan seksual perempuan.

Puting susu yang menjorok ke dalam 
Kondidi ini dialami 10-20 persen perempuan. hal ini wajar jika kondisi tersebut telah terjadi dalam kurun waktu yang lama. Namun jika sebelumnya puting menjorok keluar tiba-tiba berubah menjadi menjorok ke dalam, hal ini patut diwaspadai karena terdapat indikasi pertumbuhan sel yang tidak normal.

Strecth mark payudara
merupakan hal yang normal. Terjadi karena pertumbuhan  fisik yang pesat pada saat pubertas maupun saat kehamilan. Strecth mark juga dapat ditemui di panggul. pantat, dan betis.


Ukuran payudara tak sama
Ukuran payudara dipengaruhi oleh faktor genetik, ras, lingkungan , dan aktivitas. Sepasang payudara bukanlah sesuatu yang 100 persen identik. Jadi bentuk maupun ukuran kedua payaudara yang tidak sama adalah hal yang normal.


Ukuran payudara berubah
Peristiwa ini dipengaruhi oleh aktivitas hormon dalam tubuh. Perempuan biasanya mengalami nyeri dan payudara terasa menegang beberapa hari menjelang haid.
selain itu perubahan juga terjadi pada masa kehamilan. Payudara menjadi lebih besar dan padat untuk dipersiapkan memproduksi ASI saat bayi telah lahir. 


Saat ini, masihkah merasa was-was?

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Firda Azizah

Buat Lencana Anda
ShoutMix chat widget